Bilharman, Muhammad (2013) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU EKONOMI DI SMK SWASTA TD PARDEDE FOUNDATION TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141134 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
709141134 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
709141134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
709141134 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
709141134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141134 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141134 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
709141134 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
709141134 BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
709141134 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru ekonomi di SMK Swasta TD Pardede Foundation Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi di SMK Swasta TD Pardede Foundation dengan jumlah 10 guru. Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan total sampling dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi, dan angket. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha dengan bantuan program SPSS 20. Kemudian uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi spearman rank. Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas diperoleh dari 17 instrumen variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, terdapat 2 instrumen dinyatakan tidak valid dan 15 instrumen lainnya dinyatakan valid. Sedangkan untuk variabel iklim organisasi diperoleh dari 16 instrumen terdapat 1 instrumen dinyatakan tidak valid dan 15 instrumen lainnya dinyatakan valid. Sementara itu untuk variabel kinerja guru diperoleh dari 20 instrumen terdapat 5 instrumen dinyatakan tidak valid dan 15 lainnya dinyatakan valid. Uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil rhitung>rtabel (0,934>0,632) untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah dan rhitung>rtabel (0,944>0,632) untuk variabel iklim organisasi serta rhitung>rtabel (0,953>0,632) untuk variabel kinerja guru. Uji hipotesis variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah diperoleh harga = 0,741 > , hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kinerja guru ekonomi. Sedangkan untuk variabel iklim organisasi diperoleh harga = 0,863 > , hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru ekonomi. Kepala sekolah dan guru diharapkan dapat berkontribusi dalam hal karya pengembangan profesi dan keikutsertaan dalam forum ilmiah serta menciptakan interaksi yang sehat dilingkungan sekolah untuk meningkatkan kinerja guru sebagai seorang pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Bil h |
Keywords: | Iklim Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Gaya Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Iklim Organisasi; Kinerja Guru; Penilaian |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13607 |