Putri, Kurnia Novianty (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MASTERY LEARNING STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141107 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
709141107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
709141107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
709141107 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
709141107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709141107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141107 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141107 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
709141107 BAB V.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
709141107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS1 SMA Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan di SMA Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS1 yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitasbelajar siswa pada siklus I terdapat 10siswa (24,5%) siswa aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 31siswa (75%) siswa yang aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 50,5%. Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 13siswa (31,7%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 52,31.Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (56%) dengan nilai rata-rata 68,53, dan pada siklus II sebanyak 34 siswa (83%)yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,95. Terjadi peningkatan sebesar 13,42%.Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=41-1= 40 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 11,86 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (11,86>2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Mastery Learning Strategy dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Put p |
Keywords: | AktivitasBelajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Problem Based Learning ; Mastery Learning Strategy |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13600 |