PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sinurat, Monika Bini Vasia (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141132 COVEER & LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141132 COVEER & LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of 709141132 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141132 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 709141132 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141132 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 709141132 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141132 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 709141132 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141132 BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 709141132 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141132 BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 709141132 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141132 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS yang diajarkan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining dan model pembelajaran Konvensional di SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe dengan populasi berjumlah 86 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yaitu kelas XII IS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IS 2 sebagai kelas kontrol. Dari kedua kelas masing-masing diambil 30 orang dari kelas eksperimen dan 30 orang dari kelas kontrol sehingga jumlah sampel adalah 60 orang. Instrumrn dalam penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa berbentuk tes. Tes ini diambil dari buku paket sehingga validitas dan reabilitasnya telah teruji. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen= 70,13 dengan standart deviasi = 8,24 dan nilai rata-rata postest siswa kelas kontrol= 53,33 dengan standart deviasi= 10,93. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t, dari perhitungan diperoleh thitung sebesar 6,94 sedangkan ttabel sebesar 2,78 pada taraf α=0,05 dan interval kepercayaan 95% dengan dk=58, dengan demikian thitung >ttabel yaitu 6,94>2,78 berarti hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil yang diperoleh menunjukkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS yang diajar dengan menggunakan model student facilitator and explaining lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada Kompetensi Dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus di kelas XII IS SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Sin p
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran ;Student Facilitator;Explaining
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 18 Oct 2016 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

View Item
View Item