PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 T.P 2012/2013

Hutauruk, Lenni Mantili (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709441022 COVER.pdf]
Preview
Text
709441022 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 709441022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709441022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 709441022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709441022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 709441022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709441022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 709441022 BAB I.pdf]
Preview
Text
709441022 BAB I.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 709441022 BAB V.pdf]
Preview
Text
709441022 BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 709441022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709441022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 T.P 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan strategi pembelajaran LSQdi Kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 yang beralamat di Jl. Pendidikan No. 62 Medan Helvetian pada semester genap T.P 20120/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 35 orang siswa, objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan strategi pembelajaran LSQ untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah observasi melalui lembar observasi dan test hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 17,15% dari keseluruhan siswa yang Aktif. Pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa terdapat 80% siswa yang Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan siswa yang tuntas sebanyak 11 orang(31,43%)sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas menjadi 19 orang (54,29%) ataupun mengalami peningkatan sebesar 40,58%. Dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan siswa yang tuntas menjadi 27 orang (77,14%) ataupun mengalami peningkatan sebesar 22,85%. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 35-1= 34 pada α = 0,05. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,29 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung> ttabel (5,29> 2,03). Dengan kata lain perbedaan peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan positif sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan strategi pembelajaran Learning Starts With A Questionpada materi pencatatan transaksi penghentian aktiva tetap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswadi Kelas XI AK SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Hut p
Keywords: Model pembelajaran;Student Facilitator And Explaining; Strategi LSQ; Aktivitas ; Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 18 Oct 2016 06:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item
View Item