Sahputra, Kicky Ricky (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN TEKNIK KELOMPOK NOMINAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK MMA UISU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341067 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709341067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
709341067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
709341067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
709341067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
709341067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709341067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341067 BAB I.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
709341067 BAB V.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
709341067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Kelompok Nominal di kelas XI Ak SMK MMA UISU Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK MMA UISU Medan pada tahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian siswa kelas XI Ak yang berjumlah 25 orang objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Kelompok Nominal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar dan angket untuk melihat motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.Dari hasil angket mengenai motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 32% atau 8 orang untuk kriteria motivasi tinggi dan sedang. Sedangkan pada siklus II diperoleh 88% atau 22 orang untuk kriteria motivasi tinggi dan sedang dengan indikator ketuntasan motivasi adalah ≥ 51%. Selain itu tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 14 orang dari 25 siswa yang mendapat nilai ≥ 70 atau (56%) dan 11 siswa mendapat nilai < 70 atau (44%), dengan nilai rata-rata 68,2. Pada siklus II terdapat 22 siswa yang mendapat nilai ≥ 70 atau (88%) dan 3 siswa yang mendapat nilai < 70 atau (12%) dengan niali rata-rata 81. Hal ini berarti ketuntasan secara klasikal telah terpenuhi. Dimana ketuntasan yang ditentukan adalah 70%. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n – 1 pada α = 0,05. Dari data perhitungan diperoleh thitung = 8,21 dan ttabel = 2,06. Hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu 8,21 > 2,06. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Kelompok Nominal untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK MMA UISU Medan tahun pembelajaran 2013/2014 pada Standar Kompetensi Mengelola Administrasi Dana Kas Bank. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Learning Cycle dengan Teknik Kelompok Nominal dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sah p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Learning Cycle; Teknik Kelompok Nominal; Motivasi Belajar Siswa; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13592 |