Nainggolan, Septrisan W (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141211 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
709141211 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
709141211 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
709141211 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
709141211 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
709141211 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709141211 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709141211 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
709141211 BAB I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
709141211 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141211 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2013/ 2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Medan pada semester ganjil dengan subjek siswa kelas XII IPS 1 berjumlah 32 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I diperoleh 46,87% atau 15 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 78,12% atau 25 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 31,25 %. Selajutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 59% atau 19 orang siswa dengan rata rata 71,87, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 81% atau 26 orang dengan nilai rata rata 78,75, terjadi peningkatan sebesar 22%. Dari hasil perhitungan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II didapat thitung > ttabel yaitu 10,40 > 2,03 sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2013/ 2014 pada saat Postest Siklus I dan Postest Siklus II adalah positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran group investigation dan time token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 SMA Swasta Teladan Medan Tahun Pembelajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Nai p |
Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Time Token, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13591 |