Ellyza, Ellyza (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA SATRIA DHARMA PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441010 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709441010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
709441010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
709441010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
709441010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709441010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709441010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709441010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709441010 BAB I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
709441010 BAB V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
709441010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.P 2012/2013 melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi Quiz Team.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.P 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi Quiz Team. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 15 siswa (50%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 29 siswa (96,67%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif telah memenuhi kriteria penilaian ≥ 23 atau 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 10 siswa (33,33%) yang tuntas dengan rata-rata nilai52,17 sedangkan pada siklus I terdapat 15 siswa (50%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 63. Dan pada siklus II terdapat 29 siswa (96,67%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 82 atau mengalami peningkatan 19 poin dari siklus I telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siklus I dengan siklus II dimana thitung> ttabel yaitu 5,29 > 2,05. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Pembelajaran Quiz Team dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada Standar kompetensi Mengelola Kartu Utang Di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Ell p |
Keywords: | Activitas;Belajar; Akuntansi; model pembelajaran;Contextual Teaching and Learning (CTL), Strategi Pembelajaran Quiz Team. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13575 |