Hartati, Sri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA MUHAMMADIYAH 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341136 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
709341136 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
709341136 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
709341136 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
709341136 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
709341136 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709341136 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709341136 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341136 BAB I.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
709341136 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
709341136 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa SMK Swasta Muhammadiyah 8 Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dan Team Quiz dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XIdi SMK Swasta Muhammadiyah 8 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Muhammadiyah 8 Medan yang beralamat di Jalan Abdul Hakim No.2 Tanjung Sari Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Muhammadiyah 8 Medan yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 6 siswa kategori aktif dan sangat aktif yaitu 20,68%. Sedangkan pada siklus II diperoleh 22 siswa kategori aktif dan sangat aktif yaitu 75,86%. Aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Muhammadiyah 8 Medan mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 61,31% menjadi 74,03% pada siklus II atau meningkat sebesar 12,72% dan telah mencapai kriteria penilaian 71,87%.Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar 44,82% atau 13 siswa dengan rata-rata nilai 68,44, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 82,75% atau 24 siswa dengan rata-rata hasil belajar 79,48. Jika ketuntasan hasil belajar siklus I dibandingkan dengan siklus II, maka diperoleh peningkatan sebesar 37,93% dan telah mencapai KKM 70% atau 70.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dan Team Quiz dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak pada standar kompetensi Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil di SMK Swasta Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 har p |
Keywords: | Probing Prompting; Team Quiz;Aktivitas Belajar; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13572 |