Manik, Isnah Ramadhani (2013) PENERAPAN KOLABORASI STARETEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP DAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 AEK NATASTAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341062 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
709341062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
709341062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
709341062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709341062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
709341062 BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
709341062 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
709341062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMANegeri 1 Aek Natas Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Fire-updan.Everyone is a teacher here.Penelitian ini dilaksankan di SMA Negeri 1 Aek Natas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana penelitian ini terdiri dari dua siklus.Disetiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 19 orang (47,5%) yang termasuk dalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 34 orang(85%) yang termasuk dalam kriteria Aktif.Telah sesuai dengan kriteria skor ≥23 (71,87%). Dari hasil analisis data diperoleh data pre test jumlah siswa yang tuntas 11 orang (27,5%) dengan nilai rata-rata 58.05 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 21 orang (52,5%) nilai rata-rata siswa menjadi 71,4. Dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 35 orang (87,50%) dengan nilai rata-rata siswa menjadi 85,02.Hal ini telah sesuai dengan KKM 75.Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan dk = n-1 pada = 0,05 dan N = 40. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 9,94 dan t tabel = 2,02. Hasil pengujian menunjukkan thitung> t tabel yaitu ( 9,94 >2,02). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Fire-updan Everyone is a teacher here di kelas XII IPS 1 SMA negeri 1 Aek Natas Tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada standart kompetensi siklus akuntansi perusahaan dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Man p |
Keywords: | Kolaborasi Strategi Pembelajaran Fire-updanEveryone is a teacher here , Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13569 |