Harahap, Siti Herlina Sari (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 1 SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341132 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
709341132 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
709341132 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
709341132 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
709341132 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
709341132 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
709341132 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
709341132 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709341132 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341132 BAB V.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
709341132 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 28 orang.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa.Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis diperoleh data observasi sebagai hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 50% ( Siklus I 35,71% sedangkan Siklus II 85,71%). Hasil data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 39,28% yang tuntas dengan nilai rata – rata 63.03. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 67,86% dengan nilai rata-rata 68.75 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 89.28% dengan nilai rata-rata 87.85 . Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 21.42%. Untuk menguji signifikansi hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II digunakan rumus uji-t dan diperoleh thitung sebesar 14,04, perhitungan ttabel diperoleh hasil sebesar 2,05. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 14,04>2,05. sehingga hasil belajar akuntansi pada siklus I dan siklus II adalah signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 har p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Think-Pair-Share; Strategi Pembelajaran;Learning Start With a Question; Aktivitas ;Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13565 |