Solin, Tien Handayani (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI KELAS XII IPS SMA SWASTA AL-WASHLIYAH I MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441053 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
709441053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
709441053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709441053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709441053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
709441053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
709441053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
709441053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
709441053 BAB I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
709441053 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
709441053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS SMA Swasta AL-Washliyah I Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta AL-Washliyah I Medan dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 41 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together dan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.Berdasarkan hasil analisis pada lembar obervasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 51,22%. Pada siklus I diperoleh hasil 29,26% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 80,48% siswa masuk dalam kategori aktif yang telah melampaui indikator keberhasilan yaitu 71,87%. Dari analisis hasil belajar berdasarkan tes hasil belajar bahwa siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 48,7% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 68,2 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 87,8% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 83,2 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan yaitu 75%. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II, hal ini dapat terlihat dari uji-t yang dilakukan. Dimana dari hasil perhitungan uji t diperoleh t(hitung) = 11,4 dan t(tabel) = 2,02. Dengan membandingkan t(hitung) dan t(tabel) diperoleh t(hitung) > t(tabel) yaitu 11,4 > 2,02Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi / dokumen kedalam jurnal khusus di kelas XII IPS SMA Swasta AL-Washliyah I Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657. 071 2 Sol u |
Keywords: | aktivitas; akuntansi; Numbered Heads Together; Practice Rehearsal Pairs; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13554 |