Mubasyirah, Atiyah (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LOTTERY CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA CERDAS MURNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341013 COVER.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
709341013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
709341013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
709341013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
709341013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
709341013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
709341013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709341013 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341013 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709341013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Cerdas Murni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Lottery Card serta untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Cerdas Murni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 9 orang (27,2%) siswa aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 25 orang (75,7%) siswa yang aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 48,5%. Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 10 orang (30,3%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 52,12. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang siswa (61%) dengan nilai rata-rata 68,63, dan pada siklus II sebanyak 27 orang siswa (82%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,42. Terjadi peningkatan sebesar 21%. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=33-1=32 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 14,42 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (14,42>2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Lottery Card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Swasta Cerdas Murni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Mub p |
Keywords: | model pembelajaran; Problem Based Learning; Lottery Card; kolaborasi; aktivitas; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13553 |