Silaban, Nataniel Hubertus (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DENGAN LEADERSHIP TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141142 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709141142 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
709141142 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
709141142 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
709141142 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
709141142 BAB I.pdf - Published Version
Download (847kB) | Preview
709141142 BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
709141142 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Santo Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Stop Think Do dengan Leadership Team di kelas XII IPS SMA Santo Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Thomas 3 Medan yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto / Jalan Banteng No. 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 37 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Stop Think Do dengan Leadership Team. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil yaitu 45,95% siswa memenuhi ketuntasan dengan hasil nilai rata-rata 71,97 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II yakni hasil belajar sebesar 78,38% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 82,60 atau meningkat sebesar 32,43% yang berarti telah melampaui keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 27%. Pada siklus I diperoleh hasil 51,3% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 78,3% siswa masuk dalam kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Stop Think Do dengan Leadership Team di kelas XII IPS SMA Santo Thomas 3 Medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Stop Think Do dengan Leadership Team dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sil p |
Keywords: | model pembelajaran; Stop Think Do; Leadership Team; aktivitas; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13551 |