Sidabutar, Cellista (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS I SMA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141022 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709141022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
709141022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
709141022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
709141022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
709141022 BAB I.pdf - Published Version
Download (848kB) | Preview
709141022 BAB V.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
709141022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Dengan Group Investigation akan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS I SMA Nusantara Lubuk Pakam T.P 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nusantara Lubuk Pakam T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS I yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,80%. Siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 49%. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 71,87% dan ketuntasan belajar siswa yang belum mencapai indikator keberhasilan 70% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh aktivitas siswa 71,58% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 76%. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan analisis observasi berpasangan dengan menggunakan rumus uji-t dengan dk= 41-1= 40 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 10,37 dan ttabel = 2,021. Sehingga thitung > ttabel (10,37 >2,021). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Group Invesigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS I SMA Nusantara T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sid p |
Keywords: | model pembelajaran; Problem Based Learning; Group Investigation; aktivitas; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13548 |