Nasution, Siti Sari Bulan (2013) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 2 DI SMK NEGERI 1 KISARAN T. P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341134 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
709341134 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
709341134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
709341134 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709341134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709341134 BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
709341134 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709341134 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Problem Solving dengan model pembelajaran Number Head Togetherdalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Kisaran.Penelitian ini dilaksankan di SMK Negeri 1 Kisaran yang beralamat di Jalan Akasia No.44 Kisaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 35 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.Berdasarkan analisis diperoleh hasil pada siklus I yaitu 62,86% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata nilai 73,20. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%, oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II 88,57% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal dan rata-rata nilai 86,23 berarti telah melampaui indikator keberhasilan, sehingga penelitian berhenti di siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 37,14% siswa yang dikatakan berkriteria baik.(Siklus I 40% siswa dengan aktivitas baik sedangkan Siklus II 77,14% siswa dengan aktivitas baik).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Solving dengan Model Pembelajaran Number Head Together di kelas X Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Kisaran T.P2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan metode Problem Solving dengan model pembelajaran Number Head Together dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Nas p |
Keywords: | Problem Solving; NHT; aktivitas; hasil belajar; akuntansi; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13545 |