Lubis, Marini Fitri Ismahuddien (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH DENGAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA AR-RAHMAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709431081 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
709431081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
709431081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
709431081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
709431081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
709431081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
709431081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709431081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709431081 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
709431081 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709431081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas bajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Information Search dengan The Learning Cell kelas XI IPS AR-RAHMAN Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA AR-RAHMAN Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 5,71% siswa tergolong tidak aktif, 22,85% siswa tergolong kurang aktif, 42,85% siswa tergolong kriteria cukup aktif, 28,57% siswa tergolong kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 5,71% siswa yang kurang aktif, 25,71% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 34,28% siswa yang tergolong aktif dan 34,28% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 23 siswa (65,71%) yang tuntas menjadi 31 siswa (88,57%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 35-1= 34 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,97 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (11,97 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Information Search dengan The Learning Cell pada pokok bahasan penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dikelas XII IPS AR-RAHMAN Medan semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Lub p |
Keywords: | Akuntansi; Pembelajaran; Model; Information Search; The Learning Cell; Siswa; Kolaborasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13539 |