Khairani, Safitri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441045 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709441045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
709441045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
709441045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
709441045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
709441045 BAB I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
709441045 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
709441045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan menerapkan kolaborasi model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Time Token.Penelitian ini dilaksanakan di SMA AL – Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS yang berjumlah 49 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model Pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Time Token. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil analisis diperoleh data hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 46,93% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 89,79%. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 42,86% dari siklus I ke siklus II. Sebagai indikator keberhasilan aktivitas belajar, siswa secara keseluruhan dikatakan telah aktif apabila didalam kelas ≥75% siswa telah aktif. Data pretest sebagai hasil belajar awal siswa sebesar 22,44% yang tuntas. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 53,06% sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 89,79%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 36,73%. Sebagai indikator keberhasilan hasil belajar secara klasikal, yaitu 80% siswa yang telah mencapai daya serap ≥ 75.Untuk menguji signifikansi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II digunakan rumus uji-t untuk α = 0.05 dan dk = 49 + 49 – 2 = 96. Diperoleh thitung sebesar 8,33, ttabel sebesar 1,98. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel maka thitung >ttabel yaitu 8,33>1,98. sehingga peningkatan hasil belajar akuntansi pada siklus I dan siklus II adalah signifikan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 6570.071 2 Kha p |
Keywords: | Model Pembelajaran; STAD; Kolaborasi; Time Token; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13538 |