Ginting, Handriani Milladya (2013) PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341047 JUDUL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
709341047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
709341047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
709341047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
709341047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709341047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709341047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709341047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709341047 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
709341047 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
709341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet dengan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Medan yang berjumlah 315 orang siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk menguji angket digunakan validas angket dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan rumus perhitungan regresi linier sederhana, determinasi. Uji hipotesis diuji dengan uji t.Hasil validitas dan reabilitas instrument internet sebagai sumber belajar dengan ketentuan jika rhitung> rtabel pada α= 0,05 dengan n= 30 maka soal dapat dikatakan valid dan sebaliknya jika rhitung< rtabel maka soal tidak valid, dengan ketentuan r¬tabel= 0,252. Menunjukan dari 20 item yang diuji cobakan terdapat 18 item yang valid. Item yang valid memiliki peluang untuk digunakan sebagai instrumen dalam penelitian, namun item yang tidak valid tidak dapat digunakan sebagai instrumen dalam penelitian dari dalam mengukur apa yang ingin diukur.Untuk mengetahui pengaruh variabel inertnet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar digunakan rumus regresi linier sederhana. Terlihat bahwa ada pengaruh antara penggunaan inertnet sebagai sumber belajarn terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi yang diperoleh Y=48,241 + 0,482 X.Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial anatara variabel internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar diperoleh nilai thitung 5,931 dan diketahui ttabel 1,670, maka thitung>ttabel (5,931>1,670) dan signifikansi penelitian 0,000, maka jika dibandingkan dengan taraf signifikansi α sebesar 0,00, maka sig < α (0,000<0,05), dengan demikian hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Gin p |
Keywords: | internet; sumber pembelajaran; layanan; fungsi; media; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13536 |