Wulandari, Eka (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN RECIPROCAL TEACHING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPSSMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341032 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
709341032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
709341032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
709341032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
709341032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
709341032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709341032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
709341032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
709341032 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341032 BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
709341032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Reciprocal Teaching dikelas XI IPS SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Laksamana Martadinata Medan yang beralamat di jalan Pertempuran Nomor 125 Pl.Brayan, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS5 yang berjumlah 47 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Reciprocal Teaching untuk meningkatkan aktivitas danhasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 48,94% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 89,36% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 59,57 sedangkan pada siklus I nilai rata rata siswa menjadi 74,02 atau terjadi peningkatan sekitar 14,45 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 87,13 atau mengalami peningkatan 13,11 poin dari siklus I.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Reciprocal Teaching pada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IPS di SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Wul p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Kolaborasi; Akuntansi; Reciprocal Teaching |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13532 |