Gultom, Rianita (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS XII IPS SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141185 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709141185 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
709141185 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
709141185 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
709141185 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709141185 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
709141185 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
709141185 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
709141185 BAB I.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
709141185 BAB V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
709141185 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan menerapkan kolaborasi model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Cooperative Script.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Cooperative Script. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas belajar siswa sebesar 57,50% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 22,50% dari siklus I ke siklus II dan telah sesuai dengan kriteria penilaian ≥71,88%. Data pre test sebagai hasil belajar awal siswa sebesar 10 orang (25%) yang tuntas. Data pos tes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 23 orang (57,50%) sedangkan data pada pos tes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 35 orang (87,50%). Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke pos tes siklus II sebesar 30%. Hal ini telah sesuai dengan ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 80 % siswa memperoleh nilai ≥ 73.Untuk menguji signifikansi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II digunakan rumus uji-t untuk α = 0.05 dan dk = 40 – 1 = 39 Diperoleh thitung sebesar 8.09, ttabel sebesar 2,02. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel maka thitung >ttabel yaitu 8,09>2,02. sehingga peningkatan hasil belajar akuntansi pada siklus I dan siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen kedalam jurnal khusus di SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Gul u |
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 10 Oct 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13515 |