Dalimunthe, Mahriani (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN LOTTREY CARDUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS I SMA NEGERI 1 TANJUNG BERINGIN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341078 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
709341078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
709341078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
709341078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
709341078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
709341078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341078 BAB I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
709341078 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
709341078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS I SMAN Tanjung Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Lottrey Card di kelas XII IPS I SMA N ITanjung Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN I Tanjung Beringin yang beralamat di jalan Pahlawan, Gang Remaja III Tanjung Beringin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIIPSI yang berjumlah 48 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Stuent Facilitator and Explaining denganLottrey Card untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 29,17% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 83,33% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 66,67 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 70,10 atau terjadi peningkatan sekitar 3,43 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,42atau mengalami peningkatan 10,32 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Lottrey Cardpada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XIIIPSI di SMAN I Tanjung Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Dal p |
Keywords: | Kolaborasi model pembelajaranStudent Facilitator and ExplainingdenganLottrey Card, Aktivitas dan Hasil belajar Akuntansi Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13512 |