Sarah S, Ayu May (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN TEAM QUIZDALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 2 SMA SWASTA RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341015 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
709341015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
709341015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
709341015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
709341015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
709341015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
709341015 BAB I.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
709341015 BAB V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
709341015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas bajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Question Student Have denganTeam Quizkelas XII IPS 2 SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Raksana MedanTahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 42 orang siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa.Sedangkan tehnik analisis data digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu, 33,32% siswa tergolong aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II telah diperoleh hasil aktivitas sesuai dengan kriteria penilaian skor ≥ 23, terdapat 76,1% siswa yang tergolong aktif dan sangat aktif.Berdasarkan hasil aktivitas siswa pada siklus 2 telah menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 18 siswa (42,85%) yang tuntas menjadi 38 siswa (90,48%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥73. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 42-1= 41 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 11,85 dan ttabel = 2,01. Sehingga thitung > ttabel (11,85>2,01). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Question Student Have dengan Team Quiz pada kompetensi dasar pencatatan transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus dikelas XII IPS 2Swasta Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sar p |
Keywords: | Aktivitas; Model Pembelajaran; Question Student Have Dengan Team Quiz |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13509 |