Sinaga, Melda Suryani (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MODEL TEAM QUIZ DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 TANAH JAWA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341083 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709341083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709341083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
709341083 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
709341083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
709341083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709341083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
709341083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709341083 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
709341083 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709341083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Model Team Quiz kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanah jawa Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah Jawa pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 16 orang (40%) siswa aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II telah diperoleh hasil aktivitas sesuai dengan kriteria penilaian skor ≥ 23, terdapat 30 orang (75%) siswa yang tergolong aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hasil aktivitas siswa pada siklus 2 telah menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 11 orang (27,5%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 58,37. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 orang siswa (57,5%) dengan nilai rata-rata 71,75, dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 35 orang siswa (87,50%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,5. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥75. Hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,15 > 2,02. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Model Team Quiz pada pokok bahasan memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dikelas XII IPS SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sin p |
Keywords: | Aktivitas; Belajar; Model Pembelajaran; Student Teams Achievement Division; Model Team Quiz. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13506 |