Anzani, Ayu (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141016 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
709141016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
709141016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
709141016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
709141016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
709141016 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141016 BAB V.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
709141016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Sinar Husni Medan melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Strategi Pembelajaran Card Sort serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan strategi pembelajaran Card Sort. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan angket untuk mengetahui minat belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil angket mengenai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari minat belajar siswa pada siklus I terdapat 1 siswa (2,85%) untuk kriteria minat tinggi dan 25 siswa (71,42%) untuk kriteria minat sedang , sedangkan pada siklus II terdapat 31 siswa (88,57%) dengan kriteria minat tinggi, berdasarkan kriteria penilaian yaitu 76% - 100% dikatakan minat tinggi. Sedangkan hasiltes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 35 siswa hanya25 siswa (71,42%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 33 siswa (94,28%) pada siklus II. Hal ini menunjukan siklus II sudah mencapai standar KKM secara klasikal yaitu 70% siswa harus memperoleh nilai ≥ 70. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai thitung10,8 > ttabel2,0322.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Problem Posing dengan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa pada standar kompetensi memahami siklus akuntansi perusahaan dagang pada materi defenisi dan ciri-ciri perusahaan dagang dan metode pencatatan persediaan barang dagang di kelas XII IPS SMA Swasta Sinar Husni MedanTahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Anz p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Poblem Posing; Card Sort; Minat Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13503 |