PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKT 1 SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lumban Gaol, Nasrani (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKT 1 SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141140 COVER.pdf]
Preview
Text
709141140 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141140 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141140 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141140 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141140 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141140 BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141140 BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 709141140 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141140 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

ermasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akt 1 SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dengan strategi pembelajaran Guided Teaching di kelas XI Akt 1 SMK Swasta Jambi Medan serta melihat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antar siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan yang beralamat di jalan Pertiwi NO.116 Medan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akt 1 SMK Swasta Jambi dengan jumlah sebanyak 25 orang. Obyek penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan test untuk digunakan dalam melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data dari lembar observasi aktivitas siswa terdapat 9 orang (36%) siswa dalam kategori aktif. Sedangkan di siklus II terdapat 21 orang (84%) siswa dalam kategori aktif. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan persentase jumlah siswa yang aktif dari siklus I ke siklus II sebesar 48%. Dari data nilai hasil belajar di siklus I terdapat 13 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 69,4 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 52%. Di siklus II sebanyak 22 orang (88%) siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 86,24. Maka terjadi peningkatan persentase jumlah siswa yang tuntas belajar sebesar 36%. Dari hasi perhitngan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II didapat > yakni 10 > sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada saat postest siklus I dan postest siklus II adalah positif dan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dengan strategi pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Akt 1 SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Lum p
Keywords: Penerapan; Model Pembelajaran ;Student Team Achievement Divisions; Strategi Pembelajaran Guided Teaching; Aktivitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Oct 2016 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

View Item
View Item