Rumahorbo, Aprilia (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANSTUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UPUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIIPS 1 DI SMA N 1 SIMANINDO T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141012 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
709141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
709141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
709141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
709141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
709141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
709141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
709141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
709141012 BAB I.pdf - Published Version
Download (822kB) | Preview
709141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
709141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Simanindo T.P. 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan strategi pembelajaran FIRE-UP di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Simanindo T.P.2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 orang siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitatorand Explaining dengan strategi pembelajaran FIRE-UP untuk meningkatkanaktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui analisis uji beda berpasangan dan penyajian data.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 17,19 yang termasuk dalam kriteria kurangaktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 23,08 yang termasuk dalam kriteria aktif. Data tes sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 54,4,sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,1. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 76,1. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7,34 dan pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = n-1 diperoleh ttabel = 2,03. Karena thitung > ttabel maka thitung berada pada daerah penerimaan Ha.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Simanindo T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Apr p |
Keywords: | Student Facilitator and Explaining; Fire-Up; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13494 |