PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPINGDENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Siregar, Desi Christin (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPINGDENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141032 COVER.pdf]
Preview
Text
709141032 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 709141032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 709141032 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 709141032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 709141032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 709141032 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141032 BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 709141032 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141032 BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 709141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Parulian 1Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mappingdengan strategiInformation Searchdikelas XII SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 Penelitian ini diaksanakan di SMA Swasta Parulian 1 Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 39 siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi Information Searchuntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini pada siklus I diperoleh19 siswa (48,72%) yang termasuk dalam criteria aktif dan sangat aktif. Pada siklus II diperoleh 32 siswa (82,05%) yang termasuk dalam criteria aktif dan sangat aktif. Sebagai indicator ketuntasan klasiklal aktifitas siswa 71,87% dengan skor ≥ 23. Dari analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,85 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,97 atau meningkatan sebesar 10,12 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 79,74 atau mengalami peningkatan 10,77 poin dari siklus I. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75 % siswa memperoleh nilai ≥ 75.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan strategi Information Search dapat meningkatkan secara signifikan aktivitas dan hasil belajar pada standar kompetensimemahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XII IPS SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Sir p
Keywords: Mind Mapping; cara kerja; Information Search; aktivitas; belajar siswa; akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Oct 2016 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13492

Actions (login required)

View Item
View Item