Melvy Tasari, Melvy Tasari (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IPS MAN TEBING TINGGI T.P 2013/214. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341084 COVER.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
709341084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
709341084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
709341084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
709341084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
709341084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
709341084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
709341084 BAB I.pdf - Published Version
Download (971kB) | Preview
709341084 BAB V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
709341084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dengan menggunakan strategi Group Resume dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN Tebing Tinggi T.P 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di MAN Tebing Tinggi pada T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Teknik analsis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 12,5% yang termasuk dalam kriteria motivasi siswa tinggi. Pada siklus II rata-rata hasil angket motivasi belajaar siswa adalah 84,3% yang termasuk dalam kategori motivasi siswa tinggi. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 60,06 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 65,90 atau terjadi peningkatan sekitar 5,84 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,12 atau mengalami peningkatan 14,22 poin dari siklus I. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk = 32-1 = 31 terdapat dalam distribusi t, dimana = 2,03. Dengan membandingkan dan diperoleh > yaitu 8,93 > 2,03 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XII SMA MAN Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada postest siklus 1 dan post test siklus II adalah signifikan maka dalam hal ini = > diterima dan H0 = = ditolak.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dengan strategi Group Resume dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MAN Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Tas p |
Keywords: | TAPPS; Group Resume; motivasi; hasil belajar; akuntansi; tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13491 |