Sari, Yolanda (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341158 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
709341158 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
709341158 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
709341158 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
709341158 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
709341158 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709341158 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
709341158 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
709341158 BAB I.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
709341158 BAB V.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
709341158 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan,MenerapkanModel Pembelajaran Explicit Instruction dengan Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMK Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XIAK-3 yang berjumlah 38 orang.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar Angket Motivasi belajar siswa.Sedangkan teknik analisis data digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I terdapat 13 orang (34,2%) siswa yang termotivasi dalam belajar. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 35 orang (92,1%) siswa yang termotivasi dalam belajar. Sehingga motivasi belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 57,9% dan telah memenuhi indikator 60%-79% dengan kriteria motivasi tinggi. Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 13 orang (34,2%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 59,34. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 orang siswa (60,5%) dengan nilai rata-rata 69,86, dan pada siklus II sebanyak 35 orang siswa (92,1%) dengan nilai rata-rata 81,84 siswa yang lulus KKM yaitu 75. Terjadi peningkatan sebesar 31,6% dari siklus I ke siklus II. Hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu 11,50>2,02. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instrution dengan Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XIdi SMK Swasta Prayatna Medan pada standar kompetensi Mengelola administrasi dana kas kecil di SMK Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sar p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Akuntansi; Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Investigation |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13490 |