Sitinjak, Lenny Setiawaty (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141111 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709141111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709141111 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
709141111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709141111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141111 BAB I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
709141111 BAB V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
709141111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Creative Problem Solving dengan Rotating Trio Exchange kelas XI AK 1 SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 45 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 8,89% (4 orang) siswa tergolong tidak aktif, 24,44% (11 orang) siswa tergolong kurang aktif, 48,89% (22 orang) siswa tergolong kriteria cukup aktif, 13,33% (6 orang) siswa tergolong kriteria aktif dan 4,44% (2 orang) siswa yang tergolong sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 24,44% (12 orang) siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 64,44%(29 orang) siswa yang tergolong aktif dan 8,89% (5 orang) siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 24 siswa (53,33%) yang tuntas menjadi 36 siswa (80%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 45-1= 44 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,04 dan ttabel = 2,01. Sehingga thitung > ttabel (5,04 > 2,01). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi strategi pembelajaran Creative Problem Solving dengan Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan mengelola dana kas kecil dikelas XI AK 1 SMK Swasta HKBP Sidikalang semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sit p |
Keywords: | strategi pembelajaran; Creative Problem Solving; Rotating Trio Exchange; aktivitas; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13486 |