Simamora, Mona Yelly (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS HANDS ON ACTIVITY DENGAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141131 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
709141131 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
709141131 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
709141131 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709141131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
709141131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141131 BAB I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
709141131 BAB V.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
709141131 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran kontekstual berbasis Hands On Activity dengan Model Student Facilitator and Explainingakan dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas IPS SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS yang berjumlah 40 orang.Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa.Sedangkan untuk analisa data dilakukan yaitu data kuantitas. Dari hasil analisis diperoleh, data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 27,5% yang tuntas dengan nilai rata – rata 53,35. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 42,5% dengan nilai rata-rata 66,9 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 87,5% dengan nilai rata-rata 82,25. Sebagai indikator ketuntasan belajar ditetapkan70% siswa memperoleh nilai 75. Dengan ketuntasan 87,5% maka penelitian dilakukan sampai di siklus II. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 40-1= 39 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,51 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (6,51>2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterimaDapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran kontekstual berbasis Hands on Activity dengan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 pada standar kompetensi menyusun laporan keuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sim p |
Keywords: | model pembeljaran; konteks hands and activity |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13484 |