Zasa, Miftahul Huda (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL DENGAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA N 1 TANJUNG TIRAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341085 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
709341085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
709341085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
709341085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
709341085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709341085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709341085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709341085 BAB I.pdf - Published Version
Download (867kB) | Preview
709341085 BAB V.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
709341085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 SMA N 1 Tanjung Tiram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran The Learning Cell dengan Thinking Aloud PairProblem Solving di kelas XII IS 1 SMA N 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tanjung Tiram yang beralamat di jalan Rahmadsyah, Desa SukaMaju, Kab. BatuBara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 yang berjumlah 30 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran The Learning Cell dengan Thinking Aloud Pair Problem Solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analsis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus 1 terdapat 12 siswa (40%) yang memperoleh aktivitas aktif dan sangat aktif, sedangkan pada siklus II terdapat 27 siswa (90%) untuk kategori aktif dan sangat aktif.. Dari hasil analisis data diperoleh hasil test siklus 1 yaitu 14 siswa (46,67%) yang tergolong tuntas dan menjadi 27 siswa (90%) yang tergolong tuntas pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 43,37% dari siklus I. Diman siswa dikatakan tuntas belajar apabila siswa mencapai KKM yaitu 70. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antar siklus digunakan rumus uji-t berpasangan, dimana diperoleh t_hitung>t_(tabel ) yaitu 9,14 > 2,04 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XII-IS 1 SMA Negeri 1 Tanjungtiram T.P 2013/2014 antar siklus adalah terjadi peningkatan yang positif dan signifikan. Maka dalam hal ini H_a = X_2>∄_1 diterima dan H_O = X_2=X_1 ditolak.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran The Learning Cell dengan Thinking Aloud Pair Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Zas p |
Keywords: | model pembelajaran; The Learning Cell; Thingking Aloud Pair Problem Solving; aktivitas; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13483 |