Salman, Muhammad (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XII IS-1 SMA SETIA BUDI ABADI PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141136 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
709141136 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709141136 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
709141136 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
709141136 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
709141136 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
709141136 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141136 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Pembelajaran 2013/2014 dengan Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Brainstorming. Penelitian dilaksanakan di SMA SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. . Dari hasil observasi aktivitas siswa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 42,5% atau 17 orang untuk cukup aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 75,0% atau 30 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 32,5 %. Hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan pada siklus I terdapat 20 orang siswa (50,0%) dan pada siklus II 90,0% dengan peningkatan rata-rata sebesar 13 poin (siklus I rata-rata 64,75 dan siklus II rata-rata 77,75).Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan dan dk = 40 1 = 39 didapat ttabel = 1,68. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung ttabel yaitu 15,19 1,68 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS-1 SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada post test siklus I dan post test siklus II ada terdapat perbedaan yang signifikan, maka dalam hal ini Ha = X > Y diterima dan Ho = = ditolak. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di Kelas XII IS-1 SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Dalam standar kompetensi siklus perusahan dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sal i |
Keywords: | akunting; pengajaran; Problem Posing; Brainstorming; siswa; Belajar; model; aktivitas; pendidikan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13482 |