Wulandari, Wulandari (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA SWASTA PANCA BUDI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141240 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141240 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
709141240 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
709141240 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141240 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
709141240 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141240 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141240 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141240 BAB I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
709141240 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709141240 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS 1 SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Panca Budi Medan yang beralamat di Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 SMA Swasta Panca Budi Medan dengan jumlah 38 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 13,26 yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 28,08 yang termasuk dalam kriteria Sangat Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan yaitu 34,21% yang tuntas, sedangkan pada siklus I 47,37% yang tuntas atau terjadi peningkatan sekitar 13,16%. Dan pada siklus II terdapat 92,11% yang tuntas atau mengalami peningkatan 44,74% dari siklus I. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan secara positif dan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi perusahaan dagang di kelas XII IS 1 SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1 SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Wul p |
Keywords: | model pembelajaran; Numbered Head Together; Problem Posing; Aktivitas; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13481 |