PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA AL HASANAH SIBUHUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Hidayah, Nur (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA AL HASANAH SIBUHUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709341096 COVER.pdf]
Preview
Text
709341096 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709341096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709341096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709341096 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709341096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709341096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709341096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709341096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 BAB I.pdf]
Preview
Text
709341096 BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 BAB V.pdf]
Preview
Text
709341096 BAB V.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 709341096 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709341096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Strategi Practice Rehearsal Pairs untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Al Hasanah Sibuhuan T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Hasanah Sibuhuan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI AK yang berjumlah 35 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi Practice Rehearsal Pairs untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 sikus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik untuk analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 5,71% siswa tergolong dalam kriteria sangat aktif, 34,29% siswa tergolong dalam kriteria aktif, 28,57% siswa tergolong dalam kriteria cukup aktif, 8,57% siswa tergolong dalam kriteria kurang aktif, 22,86% siswa tergolong dalam kriteria tidak aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 17,14% siswa tergolong dalam kriteria sangat aktif, 62,86% siswa tergolong dalam kriteria aktif, 11,43% siswa tergolong dalam kriteria cukup aktif, 8,57% siswa tergolong dalam kriteria kurang aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilakasanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 19 siswa (72,23%) yang tuntas menjadi 29 siswa (80,67%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal di tetapkan 75% siswa yang memperoleh nilai ≥75. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari daftar distribusi t untuk dan dk = 35 1 = 34. ari hasil perhitungan diperoleh ttabel = 2,03 dan thitung=8,06. Sehingga thitung>ttabel (8,06 > 2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs pada pokok bahasan mengelola administrasi dana kas kecil di kelas XI AK SMK Swasta Al Hasanah Sibuhuan semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Hid p
Keywords: Model Pembelajaran;Explisit Instruction;Practice;Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 05 Oct 2016 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item
View Item