Siregar, Elsa Sabrina (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DANLEADERSHIP TEAMUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMKSWASTA YAHDI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341036 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
709341036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
709341036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
709341036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
709341036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
709341036 BAB I.pdf - Published Version
Download (888kB) | Preview
709341036 BAB V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
709341036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta YAHDI Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Leadership Teamdi kelas XI SMK Swasta YAHDI Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YAHDI yang beralamat di Jl. BambuNo. 54 Helvetia, Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 33 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Leadership Team untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 51,5% (17 siswa) yang termasuk dalam kriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 84,8%(28 siswa) yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,67 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 67,27 (17 siswa tuntas) atau terjadi peningkatan sekitar 8,6 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 85,30(28 siswa tuntas) atau mengalami peningkatan 18,03 poin dari siklus I. Ada peningkatan yang positif dan signifikan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI SMK Swasta YAHDI antar siklus. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan yang diperoleh yaitu thitung = 10,54 dan ttabel = 2,03. Dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,54 > 2,03 sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa pada post test siklus I dan post test siklus II adalah signifikan Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan Leadership Teampada Standar Kompetensi Mengelola Administrasi Dana Kas Kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI SMK Swasta YAHDI Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran;Akuntansi;Modal;Belajar;Strategi;Kolaborasi;Aktivitas;Explicit Intruction;Listening Team |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13474 |