Sianturi, Disnawaty (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DENGAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141037 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
709141037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
709141037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
709141037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
709141037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
709141037 BAB I.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
709141037 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas bajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Quiz Team dengan Time Token kelas XII IS SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA PARULIAN 1 Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IS yang berjumlah 42 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 7,14 % siswa tergolong yang tidak aktif, 19,04% siswa tergolong kurang aktif, 19,04% siswa tergolong kriteria cukup aktif, 50,00% siswa tergolong kriteria aktif, dan 4,76% siswa tergolong sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 26,19% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 35,71% siswa yang tergolong aktif dan 38,09% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 27 siswa (64,28%) yang tuntas menjadi 36 siswa (85,71%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥75. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 42-1= 41 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 17,26 dan ttabel = 2,01. Sehingga thitung > ttabel (17,26 >2,01). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quiz Team dengan Time Token pada pokok bahasan memahami penyususnan siklus akuntansi perusahaan dagang dikelas XII IS SMA PARULIAN 1 Medan semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sia p |
Keywords: | modul pembelajaran; Quiz Team; Time Token; kolaborasi; hasil belajar; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13473 |