Maisyarah, Maisyarah (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM DENGAN GUIDED TEACHINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MA MAMIYAI AL-ITTIHADIYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341079 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709341079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
709341079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
709341079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
709341079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
709341079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
709341079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709341079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709341079 BAB I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
709341079 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709341079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Listening Team dengan Guided Teaching di kelas XII IPS MA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di MA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan yang beralamat di jalan Bromo Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 16 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Listening Team dengan Guided Teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analsis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 50% yang termasuk dalam kriteria Aktif.Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 75% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 59,43 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,93 atau terjadi peningkatan sekitar 7,5 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75,94 atau mengalami peningkatan 9,1 poin dari siklus I. Siswa dikatakan tuntas belajar apabila siswa mencapai KKM yaitu 68. Dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antar siklus digunakan rumus uji t berpasangan, dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,01> 2,13 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan T.P 2013/2014 antar siklus adalah terjadi penningkatan yang positif dan signifikan. Maka dalam hal ini Hα = X2> X1 diterima dan H0 = X2 = X1 di tolak.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Listening Team dengan Guided Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS MA Mamiyai Al-Ittihadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Mai p |
Keywords: | modul pembelajaran; Listening Team; Guided Teaching; kolaborasi; hasil belajar; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13472 |