Sirait, Siska Winda (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141214 - COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
709141214 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
709141214 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
709141214 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
709141214 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141214 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141214 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141214 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141214 - BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
709141214 - BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141214 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas balajar dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle dan Learning Start With A Question. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batang Kuis pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang aktif sebesar 51,2% dengan 4 (9,7%) siswa tergolong sangat aktif dan 17 (41,5%) siswa tergolong aktif dan dari hasil belajar siswa terdapat 21 siswa (51,2%) siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥70. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 71,88% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 80% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 78,04 % siswa aktif dengan 6 (14,6%) siswa yang tergolong dalam kriteria sangat aktif dan 26 (63,4%) siswa yang tergolong aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 35 siswa (85,4%) yang tuntas. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 41-1= 40 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 10,4 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (10,4 >2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Learning Cycle dan Learning Start With A Question pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Batang Kuis pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sir p |
Keywords: | modul pembelajaran; Learning Cycle; kolaborasi; hasil belajara; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13471 |