Tarigan, Ade Novelin (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 2 SMK N 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141004 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
709141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
709141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
709141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
709141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709141004 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709141004 BAB I.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
709141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
709141004 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI Ak 2 SMK N 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Kabanjahe pada semester ganjil dengan subjek siswa kelas XI Ak 2 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif.Dari hasil lembar observasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 46.66% atau 14 orang siswa yang termasuk kategori aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 90% atau 27 orang siswa dalam kategori aktif. Maka terjadi peningkatan sebesar 43.34 %. Selajutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 60% atau 18 orang siswa dengan rata rata 68.67, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajarnya ialah 93.33% atau 28 orang dengan nilai rata rata 90.17. terjadi peningkatan sebesar 33.33 %.Dari hasil perhitungan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II didapat thitung > ttabel yaitu 5.57 > 2.04 sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 2 SMK N 1 Kabanjahe T.P 2013/2014 pada saat post test siklus I dan post test siklus II adalah positif dan signifikan.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction dan strategi Learning Tournament pada kompetensi dasar memproses dana kas kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 2 SMK N 1 Kabanjahe T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Tar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Strategi Pembelajaran Learning Tournament; Aktivitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13467 |