Sinaga, Indah Lestari (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK N 1 KABANJAHE T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141082 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
709141082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709141082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709141082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709141082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
709141082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
709141082 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141082 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
709141082 BAB V.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
709141082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange kelas XI AK 1 SMK N 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksankan di SMK N 1 Kabanjahe pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui akyivitas belajar akuntansi siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi.Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu, 20 siswa (60,60%) tergolong Kurang aktif, 10 siswa (30,30%) tergolong cukup aktif, dan 3 siswa (9,09%) yang tergolong aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 1 siswa (3,03%) tergolong kurang aktif, 3 siswa (9,09%) tergolong cukup aktif, 28 siswa (84,84%) tergolong aktif, dan 1 siswa (3,03%) tergolong sangat aktif, yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksankan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 9 siswa (27,27%) yang tuntas dan menjadi 27 siswa (81,81%) pada siklus II. Sebagai indicator ketuntasan secara keseluruhan ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥75. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik/uji t dengan dk=33-1=32 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,94 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (4,94 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan administrasi dana kas kecil dikelas XI AK 1 SMK N 1 Kabanjahe semester ganjil Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sin p |
Keywords: | Mind Mapping; Rotating Trio Exchange; Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13465 |