Thayyibah, Hayatun (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BINJAI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141072 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709141072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
709141072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
709141072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
709141072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141072 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
709141072 BAB V.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
709141072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa dalam mata pelajaran Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas bajar dan hasil belajar Akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Binjai T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Binjai pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar Akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar Akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 15% siswa tergolong kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 77,5% siswa yang tergolong aktif dan sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 62,5%. Sebagai indikator peningkatan aktivitas siswa antar siklus adalah jika di kelas telah terdapat 71,83% siswa yang mencapai kategori aktif dengan skor perolehan ≥ 23. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 22 siswa (55%) yang tuntas menjadi 35 siswa (87,5%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥75. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 40-1= 39 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,30 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (8,30 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw pada pokok bahasan penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Binjai semester genap Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Tha p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13463 |