Harahap, Alam Bonar (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DENGAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII-IPS 1 SMA NEGERI 1 BATANG ONANG T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7094411002 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7094411002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
7094411002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
7094411002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
7094411002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
7094411002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7094411002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7094411002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7094411002 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7094411002 BAB V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7094411002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Batang Onang Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Teaching dengan Giving Question And Getting Answer.Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Batang Onang Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 1 yang berjumlah 33 orang.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.. Dari hasil observasi aktivitas siswa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 36,4% atau 12 orang untuk aktifdan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 72,7% atau 24 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I kesiklus II sebesar 36,3 %. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat17 orang dari 33 orang siswa yang mendapat nilai > 70 atau sebesar (51,5%) dan 16 orang mendapat nilai < 70 atau sebesar (48,5%) dengan nilai rata-rata 69,06.Pada siklus II yang memperoleh nilai > 70 sebanyak 27 siswa (81,8%) dan siswayang memperoleh < 70 sebanyak 6 orang (18,2%) dengan nilai rata-rata sebesar76,9. Jadi peningkatan nilai rata-rat dari siklus I ke siklus II sebesar 30,3%.Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji tberpasangan dengan dk = n -1 pada  = 0,05 dan N = 33. Dari data perhitungandiperoleh t hitung = 7,72 dan t tabel = 2,0369. hasil pengujian menunjukkan t hitung > ttabel yaitu (7,72 > 2,0369). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Guided Teaching dengan Giving Question and Getting Answer di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Batang Onang Tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Har p |
Keywords: | Guided Teaching; Giving Question & Getting Answer; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13459 |