Togatorop, Baboritha Lusiana (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS XII IS SMA YAYASAN PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141018 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
709141018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
709141018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
709141018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
709141018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709141018 BAB I.pdf - Published Version
Download (886kB) | Preview
709141018 BAB V.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
709141018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan Model Pembelajaran STAD dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here di SMA Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Perguruan Indonesia Membangun yang terletak di Jl. Air Bersih No.59 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 2 yang berjumlah 36 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah test dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran STAD dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 58,33% menjadi 77,78% pada siklus II. Indikator ketuntasan aktivitas secara klasikal yaitu 71,88%. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 19,45%. Sedangkan hasil test yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 36 siswa hanya 22 (61,11%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,5 menjadi 29 siswa (80,56%) pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,62. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai 75. Berdasarkan uji signifikansi, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung= 10,20 > ttabel =2,0301.Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran STAD dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang di kelas XII IS 2 SMA Yayasan Perguruan Indonesia Membangun tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa penerapan metode pembelajaran STAD dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Tog u |
Keywords: | Student Team Achievement Divison; Everyone Is A Teacher Here; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13457 |