PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MINDFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA AL MA SHUM KISARAN T.P 2013/2014

Wahyuni, Sri (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MINDFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA AL MA SHUM KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 709341139 COVER.pdf]
Preview
Text
709341139 COVER.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709341139 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709341139 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709341139 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709341139 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709341139 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 DAFTTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709341139 DAFTTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 BAB I.pdf]
Preview
Text
709341139 BAB I.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 BAB V.pdf]
Preview
Text
709341139 BAB V.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 709341139 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709341139 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dengan Mindful Learning dan perbedaan hasil belajar akuntansi yang signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al Mashum Kisaran tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dengan Mindful Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah test hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dengan Mindful Learning. Tehnik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu : data kuantitatif, dan kaulitatif.Dari data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 16 orang siswa kategori sangat aktif (40%) sedangkan pada siklus II diperoleh 32 (80%), menunjukkan terjadi peningakatan aktivitas belajar sebesar 40%, sebagi indikator ketuntasan secara klasikal ditetapkan 71,87%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 18 orang siswa (45%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 34 orang siswa (85%) pada siklus II, maka peningkatan hasil belajar sebesar 40%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai ≥70. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t, dimana diperoleh thitung>ttabel yaitu 16,05 > 2,02 sehingga hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Al Mashum Kisaran T.P. 2013/2014 pada post test siklus I dan post Test siklus II adalah signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dengan Mindful Learning pada standar kompetensi mengelola kartu piutang di kelas XI AK SMK Swasta Al Mashum Kisaran T.P. 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi model pembelajaran Probing Prompting dengan Mindful Learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Wah p
Keywords: Probing Prompting; Mindful Learning; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 20 Jan 2023 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13455

Actions (login required)

View Item
View Item