Tarigan, Rini Aditya Utami (2013) PENERAPAN KOLABORASI TUTOR SEBAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA KARTIKA 1-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110032 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
081277110032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
081277110032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
081277110032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
081277110032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081277110032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
081277110032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
081277110032 BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
081277110032 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
081277110032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada pokok bahasan Bank dan lembaga keuangan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012, maka dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya dikolaborasikan dengan Make A Matchdapat meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X SMA Swasta Kartika I-2 Medan tahun pembelajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan tahun Pembelajaran 2011/2012 yang beralamat di jln. Brigjen H.A. Manaf Lubis Helvetia Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang terdiri dari 38 siswa dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Tutor Sebaya dan Make A Match. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah teknik penilaian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Dari analisis diperoleh data test awal dengan rata-rata 62,63. Data hasil belajar siklus I dengan rata-rata 73,94 dalam hal ini ada peningkatan hasil belajar dari test awal ke hasil belajar siklus I. Sedangkan test hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata nilai hasil belajar 81,97 berati ada peningkatan sebesar 8,03 poin. Dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan pada siklus I terdapat 6 orang (15,78%) baik, 22 orang (57,89%) cukup, 10 orang (26.31%) belum tuntas. Pada siklus II , data hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan yang lebih baik. Dimana katagori aktivitasnya sangat baik mengalami peningkatan dari 1 orang ( 2,63%) sangat baik, 30 ( 78,94%) baik, 7 ( 18,42%), cukup .Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Tutor Sebaya dengan Make A Match pada pokok bahasan Bank dan Lembaga Keuangan kelas X di Sma Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Tutor Sebaya dengan Make A Match dapat digunakan sebagai alternative pembelajaran kewirausahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Tar p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Tutor Sebaya; Make A Maatch; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13414 |