Sidabutar, Johannes (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI KELAS X SMK NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310070 - COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
708310070 - LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
708310070 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
708310070 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
708310070 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
708310070 - BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
708310070 - BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
708310070 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran melakukan prosedur administrasi kelas X SMK N 1 Pematang Siantar T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK N 1 Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK N 1 Pematang Siantar Tahun Pelajarn 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan X AP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel acak. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarakan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Learning Cycle adalah pretes sebesar 44,70 dan postes sebesar 72,20 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 40,29 dan postes sebesar 59,70. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,27 > 1,669 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran melakukan prosedur administrasi kelas X SMK Negeri 1 Pematang Siantar T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Sid p |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13400 |