Haris, Dhani (2013) ANALISIS TEORI KEBUTUHAN MC.CLELLAND TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA YANG TELAH MENEMPUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PADA FAKULTA EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
709210018 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709210018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
709210018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
709210018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
709210018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
709210018 BAB I.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
709210018 BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
709210018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Jumlah lulusan dari tahun ke tahun terus meningkat. Namun peningkatan tersebut tidak diiringi oleh pertambahan jumlah lapangan pekerjaan. Menurut data BPS (2011), jumlah pengangguran terbuka menurut pendidikan yang ditamatkan pada Agustus 2011 adalah sebesar 7,7 juta jiwa. Salah satu jalan untuk mengatasi problema tersebut adalah denga berwirausaha. Penulis meneliti mengenai Motivasi Berwirausaha. Motivasi berwirausaha adalah perhatian, kesenangan dan kemauan seseorang untuk melakukan kegiatan usaha yang mandiri berdasar pada kemampuan, kekuatan dan keterampilan yang dimiliki. pada dasarnya motivasi didasarkan pada kebutuhan-kebutuhan seseorang yang belum terpenuhi, dan untuk meneliti motivasi berwirausaha, peneliti mengambil salah satu dari sekian banyak teori motivasi yang dinyatakan oleh para ahli, dan salah satunya adalah teori kebutuhan Mc. Clelland. Kebutuhan tersebut adalah kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa dan kebutuhan berafiliasi. Kebutuhan tersebut dapat mendasari motivasi berwirauasaha seorang induvidu. Analisis Teori kebutuhan ini sangat penting ditengah gencarnya gerakan kewirausahaan yang dilakukan secara Nasional.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kebutuhan yang mendasari motivasi berwirausaha, mengetahui kecenderungan kebutuhan yang dimiliki, mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa, kebutuhan berafiliasi terhadap motivasi berwirausaha.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriktif, uji validitas dan relibilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan metode analisis regresi berganda, dan analisis koefesien determinasi. Uji Hipotesis dengan menggunakan analisis one way anova, uji simultan, uji parsial. Data yang digunakan adalah data primer. Peneliti menggunakan 92 orang responden sebagai sampel.Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas angket, setiap butir pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji normalitas, data berdistribusi normal. Berdasarkan Uji asumsi klasik, data terbebas dari asumsi klasik. Sedangkan untuk uji hipotesis, hasil penelitian menggunakan analisis one way anova menunjukkan tidak terdapat perbedaan kebutuhan yang menjadi dasar motivasi berwirausaha bagi mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Secara simultan kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa, dan kebutuhan berafiliasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Sedangkan secara parsial kebutuhan berprestasi dan kebutuhan berkuasa berpengaruh signifikan secara parsial terhadap motivasi berwirausaha, dan secara parsial kebutuhan berafiliasi ternyata tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap motivasi berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658 Has a |
Keywords: | Kebutuhan berkuasa; ; motivasi; berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Jan 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13389 |