Sinurat, Tangkas M. (2013) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
72277310046 _ COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
72277310046 _ LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
72277310046 _ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
72277310046 _ DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
72277310046 _ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
72277310046 _ SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
72277310046 _ SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
72277310046 _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penjualan sepeda motor Yamaha dalam kurun waktu 2011-2012 dari 3.326.380 unit pada tahun 2010 turun menjadi 3.136.073 pada tahun 2011 dan turun kembali menjadi 2.433.354 pada tahun 2012. Penurunan penjualan ini menunjukkan adanya penurunan keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Yamaha sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana konsumen mengambil keputusan pembelian sepeda motor di tengah fenomena persaingan yang semakin ketat yang berdasarkan pada kualitas produk dan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan motivasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada mahasiswa ekonomi Universitas Negeri Medan.Penelitian ini dilakukan di fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan dan metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Medan yang menggunakan sepeda motor Yamaha. Pengambilan sampel sebanyak 68 responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari kualitas produk dan motivasi sedangkan variabel terikatnya yaitu keputusan pembelian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas dan analisis jalur serta pengujian hipotesis yang meliputi uji t, uji F dan koefisien determinasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus analisis jalur dengan rumus : Y = P¬yX1 + P¬yX2 + Py ε1. Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisis jalur Y = 0.474 X1 + 0.497 X2 + 0,938 ε1. Untuk mengetahui kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan koefisien determinasi dengan hasil 0,912. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan motivasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha sebesar 91,2%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel bebas yang terdiri dari kualitas produk (X1) dan Motivasi (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial variabel motivasi (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658 Sin p |
Keywords: | Kualitas produk; Motivasi; Keputusan; pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13331 |