Sri Wardani, Sri Wardani PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN PANCASILA (YPP) T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110040 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
081277110040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
081277110040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
081277110040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
081277110040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
081277110040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
081277110040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
081277110040 BAB I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
081277110040 BAB V .pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
081277110040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara model pembelajaran Team Games Tournament dengan model pembelajaran Konvensioanl terhadap hasil belajar ekonomi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara model pembelajaran Team Games Tournament dan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila (YPP) T.A 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila Sawit Seberang Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X1yang sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Team Games Tournament adalah pretes sebesar 44,75 dan postes sebesar 73 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 40 dan postes sebesar 59,87. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh diperoleh thitung> ttabel yaitu 9,20 > 1,67 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila (YPP) Sawit Seberang T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 War p |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Games Tournament, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13289 |